Foam Concentrate

Foam concentrate adalah cairan yang bila dicampur dengan air dalam konsentrasi yang tepat membentuk larutan busa untuk pemadaman kebakaran api kelas B (hidrokarbon non-polar, polar solvent), memadamkan kebakaran api pada cairan yang mudah menyala atau mudah terbakar seperti bensin, minyak tanah, solar, alkohol, keton, ester, dll.

Bagaimana busa dihasilkan

Sistem proporsional mencampur persentase tetap konsentrasi busa dengan air.
Campuran larutan busa yang dihasilkan diperluas dengan udara dalam generator busa.
Proporsi lebih rendah menghasilkan busa basah, berat dan dapat mengalir, sementara busa kaku dengan sifat perekat dan insulasi yang baik dicapai dengan proporsi yang lebih tinggi.
Dalam kasus apa pun, volume busa yang dihasilkan berkali-kali lipat dari volume larutan busa.

Bagaimana busa memadamkan api

Pembakaran memiliki empat prasyarat dasar: bahan yang mudah terbakar, suplai oksigen, proporsi bahan yang mudah terbakar yang benar untuk oksigen, dan suhu pengapian yang relevan.
Jika salah satu prasyarat ini hilang, api tidak bisa menyala.
Dari sudut pandang kimia, pembakaran adalah proses di mana suatu zat bereaksi cepat dengan oksigen dan melepaskan panas, yang disebabkan oleh suhu pengapian.
Untuk memadamkan api, material yang terbakar harus dipisahkan dari suplai oksigen, atau didinginkan di bawah suhu pengapian. Persis hal ini dicapai dengan busa pemadam kebakaran.

Efek pemadaman berikut ini digunakan saat mengaplikasikan busa:

Efek pemisahan

Selimut busa menutupi bagian depan api, memisahkannya dari udara ambien dan mencegah suplai oksigen lebih lanjut ke bahan yang mudah terbakar.

Efek pendinginan

Air yang mengering dari busa menguap di bagian depan api, di mana panas hilang dan laju reaksi antara bahan mudah terbakar dan oksigen atmosfer berkurang secara signifikan. Bahan yang mudah terbakar didinginkan oleh air yang mengalir dari larutan busa.

Menutupi efek

Selimut busa menutupi bagian depan api, mencegah emisi gas lebih lanjut dari bahan yang terbakar, misalnya gas yang mudah terbakar dari materi pembakar tidak bisa lagi mencapai bagian depan api. Pendinginan bahan pembakaran secara simultan mengurangi tekanan uap, menghindari kebocoran gas dan karena itu membakar kembali. Cairan-cairan vulkanous yang tumpah dapat ditutupi secara preventatif, untuk mengurangi emisi yang berbahaya bagi lingkungan. Ini juga secara signifikan mengurangi risiko kebakaran.

Efek penekanan

Ruang banjir, saluran, fasilitas, dll. Dengan busa ekspansi tinggi atau menengah menekan dan memisahkan oksigen atmosfer dari dan gas yang mudah terbakar yang diperlukan untuk proses pembakaran.

Efek isolasi

Konduktivitas termal rendah dari busa insulates belum dinyalakan, atau dipadamkan, bahan yang mudah terbakar dari radiasi termal dan sumber pengapian.

foam solution
foam solution

AFFF 3% Aqueous Film Forming Foam Concentrate
Foam Concentrate